gmbar 1

gmbar 1

Rabu, 05 Desember 2007

Nasional

Indonesia Dalam Bahaya AIDS
19 November 2003

TEMPO Interaktif, Jakarta: Indonesia dalam bahaya AIDS. Walau jumlah kasus yang terjadi kecil, angka percepatannya cukup tinggi. "Hingga September 2003, jumlah kasus HIV dan AIDS mencapai 3.924: 1685 terinfeksi HIV -virus yang menghilangkan fungsi kekebalan tubuh dan 1239 positif AIDS," kata Achmad Sujudi, Menteri Kesehatan, di Istana Negara, Jakarta, Rabu (19/11). Dicontohkannya, DKI Jakarta sebagai kota dengan kasus HIV/AIDS yang cukup tinggi, telah mencapai 100 kasus per-bulannya.

Dari perhitungan statistik, kata Sujudi, kasus HIV dan AIDS di Indonesia bisa mencapai 80-120 ribu kasus. "Itu bila digabungkan dengan mereka yang tergolong beresiko, terinfeksi HIV, dan penderita AIDS," katanya.

Sebenarnya, belum ada kata terlambat bagi Indonesia untuk menekan laju penyebaran AIDS bila kampanye anti AIDS dengan intensif dijalankan. Bila dibandingkan dengan Malaysia yang telah mencapai angka 51 ribu, kasus AIDS di Indonesia dalam wilayah ASEAN masih tergolong kecil jumlahnya. Masalahnya, jumlah penduduk Indonesia adalah yang terbesar di kawasan ini. "Sebetulnya, penyebaran kasus AIDS di nusantara merata antara kawasan barat dan timur," kata Toha Muhaimin, dari Yayasan Pelita Ilmu (YPI).

Tidak ada komentar: